PENGGUNAAN METODE BERJUBEL ( BER JUAL BELI ) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR IPA MATERI POKOK KEPADATAN POPULASI HUBUNGANNYA DENGAN LINGKUNGAN DAN MATERI POKOK PENCEMARAN DAN KERUSAKAN LINGKUNGAN HUBUNGANNYA DENGAN AKTIVITAS MANUSIA BAGI SISWA KELAS

Sudjono Sudjono

Abstract


Tuntutan keterampilan lulusan pendidikan di abad 21 adalah mampu berpikir kritis, memiliki kompetensi dalam pemecahan masalah, inovatif dan kreatif, berkompetensi dalam ICT, berkomunikasi, dan menguasai multi bahasa. Perlu diciptakan suasana pembelajaran yang aktif, kreatif, inovatif, efektif, dan menyenangkan. Metode Berjubel (Belajar dengan bermain Jual Beli) merupakan metode pembelajaran yang memungkinkan siswa belajar secara aktif, kreatif, inovatif, efektif, dan dalam situasi yang menyenangkan. Rumusan masalah Apakah melalui penggunaan metode Berjubel dapat meningkatkan aktivitas belajar IPA materi pokok Kepadatan populasi hubungannya dengan lingkungan serta materi pokok pencemaran dan kerusakan lingkungan hubungannya dengan aktifitas manusia pada kelas VII A SMP Negeri 1 Taman Krocok Tahun Pelajaran 2016/2017?(2) Apakah melalui penggunaan metode Berjubel dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi pokok kepadatan populasi hubungannya dengan lingkungan serta materi pokok pencemaran dan kerusakan lingkungan hubungannya dengan aktifitas manusia pada kelas VII A SMP Negeri 1 Taman Krocok Tahun Pelajaran 2016/2017? (3) Apakah melalui penggunaan metode Berjubel dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA materi pokok kepadatan populasi hubungannya dengan lingkungan serta materi pokok pencemaran dan kerusakan lingkungan hubungannya dengan aktifitas manusia pada kelas VII A SMP Negeri 1 Taman Krocok Tahun Pelajaran 2016/2017? Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk meningkatkan aktivitas belajar IPA dan untuk meningkatkan hasil belajar materi pokok kepadatan populasi hubungannya dengan lingkungan dan materi pokok pencemaran dan kerusakan lingkungan hubungannya dengan aktifitas manusia bagi siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Taman Krocok Tahun Pelajaran 2016/2017. Dari data empirik diperoleh melalui penggunaan metode Berjubel dapat meningkatkan aktivitas belajar IPA, dari rendah 29% pada kondisi awal menjadi tinggi 82%, pada kondisi akhir. Dari data empirik diperoleh melalui penggunaan metode Berjubel dapat meningkatkan hasil belajar IPA, dari rendah 57% pada kondisi awal menjadi tinggi 74%, pada kondisi akhir. Disimpulkan melalui penggunaan metode Berjubel dapat meningkatkan hasil belajar IPA dan aktivitas belajar materi pokok kepadatan populasi hubungannya dengan lingkungan serta materi pokok pencemaran dan kerusakan lingkungan hubungannya dengan aktifitas manusia bagi siswa kelas VII A SMP Negeri Taman Krocok pada semester 2 tahun pelajaran 2016/2017.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 THE FKIP E - PROCEEDING