PEMBELAJARAN KEBUDAYAAN INDONESIA PADA SISWA KELAS VI SD MELALUI GAME MULTIPLAYER

Siti Nur Gumilang, Eka Novitasari

Abstract


Pembelajaran kebudayaan adalah interaksi yang dilakukan antara pendidik dengan peserta didik yang bertujuan untuk memberikan informasi kepada peserta didik mengenai kebudayaan bangsa Indonesia. Game Multiplayer adalah jenis permainan yang dimainkan lebih dari satu pemain pada waktu yang bersamaan. Game multiplayer ini dapat memungkinkan terjadinya interaksi antar pemain, bekerja sama dalam satu tim dan menjadi lawan tanding. Tujuan pembuatan game multiplayer ini untuk mengubah minat siswa terhadap cara belajar peserta didik, memperkenalkan sekaligus melestarikan kebudayaan bangsa Indonesia melalui dunia pendidikan. Manfaat yang diperoleh dari permainan game multiplayer yaitu, peserta didik dapat bersaing memperebutkan juara dengan poin tertinggi yang merupakan suatu kepuasan tersendiri bagi peserta didik. Permainan ini dijadikan sebagai tolok ukur kemampuan yang peserta didik miliki. Game multiplayer yang berkaitan dengan kebudayaan ini dibuat dengan memanfaatkan aplikasi Microsoft Power Point 2013. Microsoft Power Point 2013 adalah salah satu program aplikasi Microsoft Office yang berguna untuk membuat presentasi dalam bentuk slide, dimana aplikasi ini dapat ditambahkan audio, video, gambar dan animasi sehingga dapat menunjang proses pembelajaran lebih hidup dan menarik. Aplikasi ini sebagai komponen penting dalam pembuatan game multiplayer.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 THE FKIP E - PROCEEDING