PENINGKATAN KEMAMPUAN BACA-TULIS-HITUNG AKSARA JAWA MELALUI METODE OPERASI MATEMATIKA AKSARA JAWA (OMAWA) PADA PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR

Robet Meylino, Loriza Virga Giardillah, Mohammad Iqbal Rahmattullah, Fajar Surya Hutama, Muhtadi Irvan

Abstract


Kesulitan dalam baca-tulis-hitung Aksara Jawa sering dialami oleh peserta didik sekolah dasar. Pada dasarnya muatan lokal untuk daerah Jawa timur adalah bahasa Madura dan Jawa dengan tujuan untuk melestarikan bahasa daerah sebagai warisan dunia dan bahasa untuk berkomunikasi. Memadukan dua mata pelajaran untuk menunjang mata pelajaran yang lain perlu dilakukan. Metode OMAWA merupakan metode yang menggabungkan operasi matematika dengan Aksara Jawa, dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan baca-tulis-hitung peserta didik sekolah dasar. Metode penelitian mengambil metode deskriptif kualitatif dengan kajian proses pembelajaran dan bentuk latihan soal pada metode OMAWA. Pada hasil analisis kajian diketahui bahwa penggunaan metode OMAWA di sekolah dasar sesuai untuk meningkatkan hasil belajar pada keterampilan membaca, menulis dan berhitung (Calistung) Aksara Jawa untuk peserta didik sekolah dasar.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 THE FKIP E - PROCEEDING