TARI RAMPAK SUMEKAR SEBAGAI PEMBENTUK SEMANGAT REMAJA JEMBER

Novita Cahyatul Uriyah, Sitti Aliffatul Hasanah, Fajar Surya Hutama

Abstract


Salah satu cabang seni adalah seni tari. Seni tari diungkapkan melalui bahasa gerak tubuh. Jenis-jenis tarian yang ada di nusantara dibagi menjadi tari tradisional, tari kreasi baru, dan tari kontemporer. Masing-masing jenis tari tersebut memiliki karakteristik tersendiri. Salah satu jenis tari yang sedang marak dikembangkan saat ini adalah tari kreasi baru. Tari kreasi baru adalah tari yang dimodifikasi oleh penata tari dari perkembangan tari yang telah ada sebelumnya yang dimaksudkan untuk upacara adat, ritual, dan keagamaan. Seniman-seniman Jember yang tergabung dalam Sanggar Kreatifitas Seniman Jember turut mengembangkan sebuah tari kreasi baru yang diberi nama Tari Rampak Sumekar. Tari-tarian yang ada di nusantara melahirkan suatu nilai-nilai yang akan mempengaruhi pendidikan yang bermakna bagi perkembangan anak. Seni tari jangan hanya dipandang dari segi teknisnya saja, akan tetapi seni tari juga harus memandang segi kontekstual. Seni tari jika dipandang dari segi kontekstual maka akan kita dapatkan suatu pendalaman tentang nilai-nilai yang terkandung di dalam tarian tersebut.
Manfaat yang dapat kita peroleh dari pemahaman secara kontekstualitas tentang tari sebenarnya akan memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pembentukan karakter remaja yang mempelajari. Wiraga, wirama, wirasa, dan wirupa merupakan unsur seni tari yang dapat membangkitkan semangat. Di dalam menari dibutuhkan semangat yang tinggi sehingga timbul pembentukan karakter yang positif pada diri.
Tari Rampak Sumekar merupakan tari kreasi baru yang berasal dari Jember. Tari Rampak Sumekar merupakan tarian yang berpotensi sebagai pembentuk semangat remaja Jember. Tari Rampak Sumekar memiliki nilai-nilai positif yang dapat dikembangkan pada pendidikan. Nilai-nilai yang terkandung dalam tari Rampak Sumekar haruslah dipahami secara kontekstual agar dapat tersampaikan secara utuh. Tari Rampak Sumekar dapat membentuk karakter yaitu semangat dalam diri seseorang terutama remaja yang mempelajarinya.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 THE FKIP E - PROCEEDING