PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL BANYUWANGI PADA MATERI KPK DAN FPB SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Mega Anugrah, Riyadhotul Mu’awanah, Duwi Ernawati

Abstract


Media pembelajaran adalah segala alat yang digunakan untuk menunjang kegiatan pembelajaran sehingga dapat memudahkan pencapaian tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan. Guru membutuhkan bahan ajar dan media pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan kurikulum dan sesuai dengan kearifan lokal pada setiap pembelajaran, salah satunya yaitu pembelajaran matematika. Salah satu daerah yang memiliki banyak kearifan lokal adalah Banyuwangi. Kearifan lokal yang ada di Banyuwangi dapat dijadikan media dalam pembelajaran matematika kelas IV Sekolah Dasar. Tujuan penggunaan media kearifan lokal ini adalah untuk memperkenalkan kearifan lokal Banyuwangi pada siswa kelas IV SD dalam materi KPK dan FPB. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif melalui tahapan: (a) mengidentifikasi materi pelajaran Matematika SD kelas IV pada kompetensi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP); (b) memilih dan memilah materi yang berbasis kearifan lokal; (c) membuat rincian materi pokok; dan (d) merancang media pembelajaran berbasis kearifan lokal. Berdasarkan rancangan media pembelajaran berbasis kearifan lokal diperoleh hasil bahwa materi KPK dan FPB dalam pembelajaran matematika SD kelas IV dapat dikaitkan dengan nilai kearifan lokal daerah Banyuwangi.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 THE FKIP E - PROCEEDING