PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN MODERN DARUSSALAM GONTOR PONOROGO SEBAGAI SOLUSI PERMASALAHAN PENDIDIKAN YANG ADA DI INDONESIA

Kurnia Intan Suroni Tsalis

Abstract


Indonesia merupakan negara yang terdiri dari berbagai macam agama, golongan, ras, suku, budaya, dan adat istiadat. Keberagaman tersebut berpengaruh terhadap sistem pendidikan yang ada di Indonesia. Sistem dan kurikulum yang digunakan dalam setiap satuan pendidikan di Indonesia beragam, diantaranya menggunakan sistem kurikulum pemerintah (sesuai peraturan Kemendikbud) dan kurikulum KMI (Kulliyatul Muallimin Al’Islamiyah). KMI merupakan lembaga yang bertanggung jawab atas pelaksanaan program akademis bagi siswa (santri) Gontor. Pendidikan agama mempunyai peran yang besar dalam proses pembentukan akhlak dan karakter peserta didik. Proses Pendidikan yang diimplementasikan Gontor adalah pendidikan karakter dan moral yang berkualitas bagi semua peserta didik (santrinya) sebagai agen perubahan bagi masa depan bangsa dan negara. Era globalisasi menjadi tantangan yang besar bagi pendidikan di Indonesia agar bisa bersaing dengan pendidikan di berbagai negara dunia. Dalam essai ini, akan dijelaskan permasalahan pendidikan di Indonesia dan solusi pembentukan pendidikan yang berkualitas melalui sistem pendidikan dan pengajaran di Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor yang berbasis agama Islam.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 THE FKIP E - PROCEEDING