PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL DAN HASILBELAJAR SISWA KELAS IV T EMA TEMPAT TINGGALKU

Imam Muchtar, Chumi Zahroul Fitriyah, Norma Fitroh Yulianti

Abstract


Pembelajaran IPS yang terintegrasi dalam tema tempat tinggalku memiliki tujuan untuk memberikan kemampuan keterampilan sosial pada peserta didik. Salah satu pembelajaran yang dapat melatihkan keterampilan sosial adalah pembelajaran kooperatif tipe STAD yang dapat memberikan melatihkan peserta didik melalui kerjasama antar kelompok dalam proses pembelajaran. Media audio visual yang digunakan dalam penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan semangat siswa. Media ini dapat membantu memudahkan guru dalam menyampaikan materi yang diajarkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan sosial dan hasil belajar siswa kelas IVA tema daerah tempat tinggalku melalui penerapan pembelajaran Kooperatif tipe STAD berbantuan media audio visual di SD Muhammadiyah 01 Tanggul Jember semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumen, dan tes. Subjek penelitian yaitu siswa kelas IVA dengan jumlah 28 siswa yang terdiri atas 17 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata keterampilan sosial belajar siswa mengalami peningkatan dari pra siklus sebesar 52,14, siklus I sebesar 70,95, dan siklus II sebesar 85,23. Skor rata-rata hasil belajar ranah afektif mengalami peningkatan dari pra siklus sebesar 54,64, siklus I sebesar 72,14, dan siklus II sebesar 87,67. Skor rata-rata ranah kognitif mengalami peningkatan dari pra siklus sebesar 67,51, siklus I sebesar 73,18 dan siklus II sebesar 83,97. Skor rata-rata hasil belajar ranah psikomotorik mengalami peningkatan dari pra siklus sebesar 62,5, siklus I sebesar 76,33, dan siklus II sebesar 84,82. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media audio visual dapat meningkatkan keterampilan sosial dan hasil belajar siswa kelas IVA SD Muhammadiyah 01 Tanggul.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 THE FKIP E - PROCEEDING