PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS ICT TENTANG POTENSI TANAMAN TEBU SEBAGAI ENERGI TERBARUKAN UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS ILMIAH SISWA

Iwan Wicaksono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berbasis ICT tentang potensi tanaman tebu sebagai energi terbarukan untuk meningkatkan kreativitas ilmiah siswa. Sebagai langkah awal maka perlu diobservasi proses KBM dan selanjutnya angket respon dan wawancara kepada guru untuk mengetahui pemanfaatan bahan ajar berbasis ICT. Respon tersebut digunakan untuk membedakan intensitas sikap atau perasaan siswa dalam pemanfaatan eksperimen virtual pembelajaran IPA. Hasil dari kajian ini diharapkan dapat digunakan sebagai langkah awal dalam menentukan strategi yang tepat untuk mengembangkan han ajar berbasis ICT tentang potensi tanaman tebu sebagai energi terbarukan untuk meningkatkan kreativitas ilmiah siswa. Responden penelitian adalah siswa pada SMP Negeri 1 Pakusari Jember untuk 35 siswa kelas VIII pada Tahun Ajaran 2017/2018. Angket digunakan untuk mengungkap data responden terhadap pemanfaatan bahan ajar berbasis ICT dalam pembelajaran IPA. Penentuan pertanyaan angket dilakukan uji validitas Product Momen Pearson Correlation dan reliabilitas Alpha Cronbach‘s. Respon siswa memberikan hasil bahwa mayoritas setuju dalam pemanfaatan pemanfaatan bahan ajar berbasis ICT, kebutuhan kreativitas ilmiah dalam pembelajaran, dan ketertarikan menggunakan ICT melalui eksperimen virtual untuk mendukung kesulitan kegiatan praktikum di laboratorium untuk potensi tanaman tebu sebagai energi terbarukan.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 THE FKIP E - PROCEEDING