PENERAPAN MEDIA MONOPOLI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS IV SDN TAMAN 2 BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Elma Nurita, Suhartiningsih Suhartiningsih, Nanik Yuliati

Abstract


Pembelajaran keterampilan berbicara di Sekolah Dasar (SD) ditekankan unruk melatih siswa dalam mengungkapkan ide, gagasan, pendapat secara lisan dengan lancar serta menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Namun, hasil observasi pada siswa kelas IV SDN Taman 2 Bondowoso menunjukkan bahwa masih banyak peserta didik yang masih belum lancar dan malu-malu untuk berbicara di depan kelas. Siswa juga tidak menggunakan bahasa yang baku serta menggunakan bahasa campuran antara bahasa Indonesia dan bahasa Madura. Selain itu, dalam proses pembelajaran keterampilan berbicara guru juga kurang memberikan variasi pembelajaran, sehingga menyebabkan keterampilan berbicara siswa yang rendah. Rendahnya keterampilan berbicara siswa tersebut dapat ditingkatkan dengan cara menerapkan media monopoli pada materi menjelaskan petunjuk penggunaan alat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan media monopoli yang dapat meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa kelas IV SDN Taman 2 Bondowoso Tahun Pelajaran 2016/2017 dan untuk meningkatkan keterampilan berbicara melalui media monopoli pada siswa kelas IV SDN Taman 2 Bondowoso Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus, dimana masing-masing siklusnya terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Metode pengumpulan data penelitian ini meliputi wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa keterampilan berbicara siswa setelah dilakukan tindakan mengalami peningkatan sebesar 25% dari 56% pada siklus I menjadi 81% pada siklus II, adapun rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 64 meningkat menjadi 74 pada siklus II. Berdasarkan hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan media monopoli mampu meningkatkan keterampilan berbicara siswa.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 THE FKIP E - PROCEEDING