STUDI PENDAHULUAN: KEBUTUHAN GURU TERHADAP MEDIA PEMBELAJARAN IPA DISERTAI LKS BERBASIS LOCAL WISDOM UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI ENERGI TERBARUKAN

Aris Singgih Budiarso

Abstract


Tujuan pada penelitian studi pendahuluan ini yaitu untuk mengetahui
kebutuhan guru terhadap media pembelajaran IPA disertai LKS berbasis
local wisdom untuk melatihkan kemampuan berpikir kritis siswa pada
materi energi terbarukan. Subyek penelitian adalah guru-guru IPA.
Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan angket.
Analisis data dilakukan dengan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil
studi pendahuluan menunjukkan bahwa: (1) proses pembelajaran IPA
masih berpusat pada guru; (2) guru pada saat proses pembelajaran IPA
khususnya pada materi energi terbarukan tidak menggunakan media
pembelajaran; (3) tidak adanya LKS materi energi terbarukan pada mata
pelajaran IPA yang berbasis local wisdom. Berdasarkan hasil studi
pendahuluan, maka dapat disimpulkan bahwa perlunya dilakukan
pengembangan dan penggunaan media pembelajaran IPA disertai LKS
berbasis local wisdom pada materi energi terbarukan.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 THE FKIP E - PROCEEDING